mengenal 5 Jenis Kertas Undangan Nikah dan Khitan Lengkap dengan Harganya


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam Sukses...!!!

Menekuni dunia bisnis percetakan tidak luput dari aktivitas cetak mencetak, pada kesempatan di artikel yang kedua ini saya ingin berbagi ilmu pengetahuan seputar jenis kertas yang sering dipakai untuk mencetak undangan, baik undangan pernikahan maupun undangan khitanan.

Kertas untuk mencetak undangan memiliki berabagai macam jenis, mulai dari kertas yang memiliki kualitas standar hingga yang kualitas bagus, tentu saja harganyapun sangat beraneka ragam pula.


Baiklah,berikut adalah jenis kertas yang biasa digunakan untuk mencetak undangan pernikahan dan khitan lengkap dengan harganya

1. BC PINDO

pada peringkat pertama saya ambil dari kertas dengan kualitas standar. 

Meski kertas ini memiliki kualitas yang standar, justru kertas inilah yang sering banyak digunakan oleh para pembisnis percetakan dalam mencetak undangan.

Selain harganya yang murah, kertas BC Pindo memiliki warna yang sangat bervariasi, mulai dari warna putih, kuning muda, hijau, biru dan merah muda.

BC pindo biasanya digunakan untuk membuat undangan dengan harga yang cukup murah. Harga undangan yang memakai jenis kertas ini biasanya  berkisar pada angka Rp. 500, Rp.600, sampai angka Rp. 8.00/lembarya.

Tidak heran jika undangan dengan jenis kertas ini memiliki volume permintaan yang cukup tinggi.

Untuk ukuran kertas BC pindo biasanya adalah 65cm x 90 cm dengan badrol harga Rp. 1.550/lembar plano (untuk warna putih), sementara untk warna selain putih biasanya dibandrol dalam harga Rp. 1.850 per lembarnya untuk ukuran plano.

Untuk kamu yang sedang mendapatkan order undangan dengan harga murah, maka jenis kertas BC pindo menjadi pilihan yang tepat dan akurat.

Untuk mencetak undangan dengan kertas BC Pindo biasanya lebih banyak menggunaka mesin Toko 810 maupun type 820,dengan menggunakan master maupun plat sebagai media transfer desainnya.

2. KARTU TIK

Jenis kertas dan warna pada kertas Kartu Tik hampir mirip dengan kertas BC pindo, namun kertas ini lebih memiliki gramasi yang lebih tebal, warna yang lebih cerah dan ukuran plano yang lebih besar yakni 78cm x 108cm.
Untuk stok warna tersedia dalam warna mirip persis dengan kertas bc pindo namun memiliki tingkat kecerahan yang lebih terang.

Harga kertas kartu tik putih berkisar Rp. 2.650,- per lembar, sementara untuk kertas dengan warna selain putih berkisar Rp.  3.150,- per lembar.

Kartu Tik memilik serat yang lebih halus jika dibanding dengan kertas BC pindo.

Kartu Undangan yang menggunakan kertas jenis ini biasanya dijula dengan Harga minimal Rp.700,- perlembar untuk jumlah pesanan perseribu lembar  (harga akan berubah sesuai jumlah pesanan dan ukuran kartu undangan yang dipesan).

3. JASMINE atau MUTIARA

Kertas mutiara atau yang lebih terkenal dengan sebutan kertas Jasmine merupakan jenis kertas undangan yang banyak dicari oleh konsumen yang menghendaki desain undangan minimalis namun elegant.

Dengan ukuran plano 78cm x 108cm,sifat dari kertas ini memang cukup lembut dan menarik perhatian, tidak salah jika kertas jasmine termasuk kategori kertas undangan yang memiliki harga yang agak sedikit mahal.

Untuk mendapatkan kartu undangan dengan jenis kertas ini, konsumen biasanya harus merogoh kocek minimal Rp. 1.200,- per lembar dengan pesan 1000 lembar, untuk ukuran undangan standar yakni 19.5cm x 26cm (harga akan berubah sesuai jumlah pesanan dan ukuran kartu undangan yang dipesan).

Kertas undangan Jasmine sangat baik dan bagus untuk desain undangan dengan konsep Soft Cover maupun Hard Cover, hal ini karena kertas Jasmine sangat memiliki banyak corak warna jika dibanding dengan jenis kertas undangan lainnya, mulai dari warna putih, Emas, Silver, Coklat, Merah Maroon, Ungu, Biru, dan hijau

4.  ART CARTON

Art Karton merupakan jenis kertas yang memiliki 2 ukuran plano yakni ukuran kecil ( 65cm x 90 ) dan ukuran besar (78cm x 108cm).

Untuk harga kertas ini berkisar Rp. 1.850,- per lembar plano (ukuran 65cm x 90cm) sementara untuk ukuran besar (78cm x 108cm) Rp. 2.650,- per lembar plano

Kertas ini hanya memilik satu warna yaitu putih namun memiliki banyak gramasi mulai dari gramasi 180gr, 210gr, 230gr, 260gr, dan 310gr.

Dari sekian gramasi, ukuran gramasi 230gr dan 260gr paling banyak digunakan untuk membuat undangan.

Kartu undangan yang menggunakan jenis kertas ini biasanya lebih banyak menggunakan desain BW (black & White) maupun sparasi (full Colour).

Kertas ini memiliki serat yang rapat dan halus. Sangat cocok untuk kartu undangan dengan desain exlusive yang di dalamnya terdapat foto prewedding atau gambar-gambar unik dan menarik  seperti bunga dan kartun pengantin atu juga bisa untuk desain undangan 3D.

Untuk mendapatkan hasil yang cetak yang maksimal, kertas jenis ini harus dicetak dengan menggunakan mesin cetak besar seperti GTO 46, GTO 52, Komori 66 dan Komori 77 dan menggunakan Plate sebagai media transfer filenya.

5. KERTAS TULIP

Kertas tulip memiliki permukaan yang rata dan halus pada bagian dalamnya, sementara untuk bagian luarnya terdapat corak garis layaknya buah melon.

Seperti halnya kertas Art Carton, kertas ini hanya memiliki satu warna yaitu putih, untuk harganya berkisar Rp. 3.450,- per lembar plano sementara untuk ukurannya adalah 78 cm x 108cm.

Kertas ini sangat cocok untuk jenis kartu undangan soft cover maupun hard Cover.

Oke, demikian ulasan singkatr seputar jenis kertas undangan pernikahan dan khitan lengkap dengan harganya, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi serta pengetahuan buat kamu yang sedang mencari jenis dan harga kertas undangan untuk pernikahan dan khitan.

silahkan baa artikel yang lainya supaya wawasan tentang dunia percetakan kamu tambah mantap dan maknyos. Mohon maaf bila terdapat kesalah penulisan harga dan definisinya.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh.



Salam Sukses...!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Harga Cetak A3 Murah dan Terbaru 2019 di Tangerang | Fadisa Printing

Jual Kartu Member Fitness/Gym 2 Muka ~Murah